Selasa, 25 Januari 2022

Kreasikan objekmu dalam memotret..

 

   Dalam memotret tentunya ada hal yang ingin kita nampakkan kepada orang lain lewat karya atau hasil foto yang kita dapatkan. Beragam objek yang kita lihat dengan beragam kombinasi dengan objek sekitarnya. Beragam teknik fotografi yang perlu kita ketahui untuk memberikan makna atau menunjukkan makna dari foto tersebut, seperti Dof Depan, Dof Tengah, Dof Belakang, Komposisi, Panning, Blurring, Freezing, Landscape dan masih banyak lagi. Anda bisa mencari apa arti, bagaimana cara pengaplikasian dari teknik-teknik tersebut di internet. Kecanggihan teknologi yang sekarang sudah berkembang tentunya dapat terus mempermudah kita dalam mempelajari apapun itu, salah satunya bidang fotografi. 


     Diatas ialah salah satu contoh foto yang saya dapatkan pada saat saya masih sangat awal memperdalam apa itu fotografi. Saya ambil saat malam hari sekitar jam 11-an, dan tidak heran dengan jakarta yang masih ramai lalu lintas. Pada saat ini saya sedang berada di pusat kota Jakarta yaitu jembatan penyebrangan Sarinah. Walaupun saya belum bisa mendapatkan hasil foto yang baik, namun saya selalu menyimpan hasil-hasil foto saya untuk mengenang masa-masa saya masih belajar memotret. Dengan blog inilah saya dapat melihat kembali hasil jepretan yang saya dapatkan dulu di 5 tahun kemudian. Dengan hanya menyimpan di flashdisk atau di laptop banyak kemungkinan barang tersebut hilang, namun apabila saya menaruh karya-karya saya di dalam blog ini maka ada kemungkinan suatu saat nanti ini akan menjadi perjalanan yang sangat bersejarah bagi saya.


    Karya pertama yang saya pamerkan saat pameran pertama saya di kampus. Karya ini saya ambil pada siang hari saat saya hendak beristirahat di lorong-lorong ini untuk berteduh, tiba-tiba saya melihat seorang cleaning service yang sedang menyapu lorong tersebut dengan sigap saya menyiapkan kamera saya untuk memotret momen ini. Dengan objek seorang penyapu jalan yang bekerja saat orang-orang yang seharusnya istirahat. Sempat bertanya apa latar belakang bapak ini, rupanya beliau kepala keluarga yang menghidupi ibunya dan kedua adik perempuannya yang sekolah. Satu-satunya hal yang ia dapatkan untuk mendapatkan uang untuk menghidupi keluarga yaitu menjadi cleaning service

    Teknik yang saya gunakan adalah "Human Interest" dimana teknik ini menjelaskan apa yang dikerjakan objek yang ada di karya foto ini. Pengaturan cahaya yang masuk atau bisa disebut bagaimana saya mengatur ISO, shutter speed dan diafragmanya saja masih banyak yang harus di perbaiki. Dengan ini saya harus terus belajar memahami apa itu "Triangulasi" tentunya tak hanya paham tetapi juga melakukan praktek, karena itu merupakan hasil dari proses pembelajaran saya dalam membuktikan bagaimana kemampuan yang saya miliki dan apa yang harus saya pelajari dan saya perbaiki nantinya saat sudah menjadi bagian dari organisasi tersebut. Tentunya akan lebih banyak hal yang akan saya pelajari dari teman-teman bahkan kakak tingkat.  
    
    Foto yang sangat memuaskan ini, memberikan saya kesempatan untuk menjadi bagian dari organisasi yang ada di kampus dalam bidang fotografi. Mengapa harus organisasi ? banyak orang yang menanyakan hal itu. "Gratis dong," itu yang selalu ada dibenak saya namun saya takut untuk mengatakannya. Apakah Anda juga salah satunya yang menanyakan mengapa saya takut untuk mengatakannya, atau Anda adalah salah dari seorang yang mungkin terdiam dan berpikir untuk tidak menanyakan kedua pertanyaan itu. Dengan fasilitas yang kampus berikan itu sudah menjadi sebuah nikmat bagi saya, dan Sang Pemberi Nikmat seharusnya bisa melihat bagaimana saya menggunakan nikmat itu. Lagi pula dari organisasi kita juga bisa belajar bagaimana bisa mahir dalam fotografi atau memotret, tetapi juga menambah realisasi dan belajar dalam segala bidang dalam organisasi tersebut. Nantikan bagaimana perjalanan menyenangkan yang saya lewati untuk bisa menjadi anggota organisasi tersebut. Lagipula untuk belajar dan terus belajar tidak ada kata terlambat untuk memulainya. Semua usaha yang kita tekuni dengan ikhlas pasti akan ada hasil yang terbaik juga.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dokumen Penting bagi Anda si Pengusaha

  Business Plan (Rencana Bisnis) Dalam materi ini pasti Anda mempertanyakan  apa itu rencana bisnis ,  mengapa harus dibuat renca bisnis ,  ...