Selasa, 15 Februari 2022

Cara Membangun Citra dan Reputasi Universitas

Dalam dunia bisnis universitas tidak memiliki tujuan yang jelas untuk mencapai suatu keuntungan, melainkan dapat mencapai hal-hal tersebut apabila mahasiswa yang berada didalamnya dan menjalankan bisnis-bisnis yang masih dipertanggung jawabkan oleh universitas dan dana yang diberikan biasa didapat dari pemerintah. Perguruan tinggi sendiri harus memiliki berbagai macam fakultas dan jurusan agar dapat mencari keuntungan dari pangsa pasar, sehingga perguruan tinggi tersebut memiliki reputasi untuk bersaing dengan pergut=ruan tinggi lainnya.  

Misalnya, Branding dari London Business School dapat menarik biaya 5 kali lebih banyak daripada institusi lain dengan peringkat lebih rendah meskipun memiliki kurikulum yang serupa. Kebanyakan di benua Eropa banyaknya daya Tarik staf akan berbanding sama dengan gaya bangunan dan usia institusi agar reputasi yang mereka miliki baik dan sejalan. 

 

Lokasi dan usia termasuk beberapa poin yang harus dimiliki institusi. Sehingga bagaimana Gedung itu terlihat dan sedekat apa institusi ini dengan ibu kota atau lingkungan yang ramai penduduk, maka akan lebih menarik dan membuat orang terkesan akan institusi tersebut. Lalu, bagaimana seharusnya universitas membangun reputasi dan citranya? apakah hal yang disebutkan tadi menjadi tolak ukur universitas atau institusi dalam mengembangkan citra dan reputasinya?

 

London School of Economics (LSE) merupakan salah satu contoh yang bertolak belakang dengan poin yang sudah disebutkan tadi, institusi ini tidak terletak di lokasi yang strategis di London dan gedungnya. Memang tidak menarik, tetapi jika dikaitkan dengan kinerja jangka panjang, ternyata LSE memiliki reputasi dan citra yang mengesankan dan didasarkan pada prestasi akademik dan kontribusi intelektual dalam bentuk ide-ide sosial dan politik.

 

Beberapa hal yang harus diperhatikan universitas dalam membangun citra dan reputasi yaitu sebagai berikut, bagian hubungan masyarakat, strategi open house, membuka kios kecil, letak strategis kampus, memiliki staff yang ramah, kolaborasi dengan organisasi komersial.

 

Pertama, hubungan masyarakat atau yang biasa disebut humas memiliki peran yang sangat penting dalam promosi universitas. Sebuah reputasi yang dimiliki universitas adalah aset utama. Dibutuhkan strategi dan keterampilan manajemen dalam melakukan promosi yang dapat menggunakan TV, radio, surat kabar, website, dan media sosial.

 

Kedua, kegiatan open house sebagai strategi lain yang bertujuan akan mengundang pelanggan melalui pembentukan opini yang dirancang untuk memperkuat dan memperluas citra akademik.

 

Ketiga, perguruan tinggi juga dapat memanfaatkan kios kecil seperti art center, conference center, atau lain sebagainya untuk upaya branding untuk secara kuat mengaitkan institusi dengan aspek nonakademik dalam rangka promosi.

 

Keempat, strategi lain terkait dengan penampilan luar universitas dengan meningkatkan citra visual universitas, sehingga universitas tidak terlihat kumuh.

 

Kelima, keberadaan “kampus menarik yang terawat” juga dapat dijadikan nilai jual yang penting bagi pelanggan eksternal, sehingga dapat memberikan keyakinan bahwa universitas dikelola dengan baik sehingga dapat menjadi kebanggaan pelanggan.

 

Keenam, kampus juga harus memiliki staf yang ramah, juga suka membantu, positif, serta memiliki semangat dan prinsip pemasaran yang tinggi dengan sukses sehingga dapat menentukan bagaimana pelanggan memandang organisasi.

 

Ketujuh, universitas tidak memiliki penjualan langsung seperti organisasi komersial, tetapi dengan cara yang sama universitas dapat melayani pelanggan baru dengan menunjukkan gedung fakultas, kantin, laboratorium mana, bagaimana area parkir dikelola, bagaimana menangani barang pelanggan yang hilang, dan sebagainya.

 

Poin penting yang harus Anda ketahui, reputasi dan citra yang didapatkan dari luar universitas akan sangat membantu bagaimana manfaat yang dirasakan oleh internal kampus atau institusi. Dengan demikian, universitas yang berhasil membangun reputasi dan citra pada public akan dapat memperkuat posisi secara eksternal dan internal itu sendiri.

Kunjungi situs kami — DUNIA KAMPUS 4.0 dan Academic@Life

2 komentar:

Dokumen Penting bagi Anda si Pengusaha

  Business Plan (Rencana Bisnis) Dalam materi ini pasti Anda mempertanyakan  apa itu rencana bisnis ,  mengapa harus dibuat renca bisnis ,  ...